Inovasi Berbasis Teknologi, Seberapa Penting?

Dalam perkembangannya, prestasi yang dibuat oleh manusia telah berhasil menghilangkan batas-batas yang mengikat seperti batas wilayah dan batas negara.
Ilustrasi Teknologi (Sumber: Shutterstock).
Dewasa ini, kecanggihan teknologi seolah menjadi “Tuhan” baru dalam kehidupan manusia. Semua orang membicarakannya di mana-mana sebagai tolak ukur taraf hidup dan kemajuan suatu bangsa.
Salah satu perkembangan tersebut adalah teknologi informasi. Dalam perkembangannya, prestasi yang dibuat oleh manusia telah berhasil menghilangkan batas-batas yang mengikat seperti batas wilayah dan batas negara. Teknologi kemudian, dalam perkembangannya menjadi yang paling banyak dieksploitasi.
Pada moda transportasi misalnya, saat ini sudah bisa kita akses secara online. Kemudian dalam bidang jual beli kita bisa mengunjungi ratusan online hanya melalui handphone genggam. Kemudian di bidang pendidikan misalnya ada beberapa online.

Seberapa penting?

Inovasi teknologi yang sedang digulirkan, ternyata banyak mengubah perilaku manusia. Mulai dari cara mengambil keputusan, bergaul, belajar, dan berperilaku. Misalnya, perilaku lama ketika seseorang berbelanja maka ia akan pergi ke pasar, toko, atau supermarket. Tetapi, banyak selanjutnya tidak lagi menjalankan itu. Shopee, Lazada, Bli bli, pernah sediakan segala keperluan manusia dari kepalan tangan.
Pertanyaannya, berapa banyak pedagang yang kemudian gulung tikar akibat perilaku baru yang menguntungkan segelintir korporasi?
Sekali lagi, apa yang kebanyakan orang tidak mengerti adalah definisi kemajuan. Dalam perkembangan zaman, kemajuan yang dianggap oleh kebanyakan orang hanyalah nama lain dari kemudahan. Belanja tidak butuh pergi serta semacamnya. pemahaman di luar itu, nyaris tidak terlihat dan tak tersentuh.

Mengalahkan teknologi

Pengarang sekali lagi tidak anti teknologi dan perkembangan. Namun, ada beberapa hal yang harus kita pikirkan kembali. Saat ini, ada pepatah yang mengatakan “bukan manusia yang menggunakan teknologi, tetapi teknologi yang menggunakan manusia”.
Selaku jelas, kala layanan serupa Google, Amazon, Yahoo, Bing menggunakan tutur kunci pencarian orang buat keperluan bidang usaha perseroan. Bukan orang yang membaca Google, tapi Google dan sejenisnya yang membaca kita. Jadi, tanpa kami memberi tahu Anda apa yang kami sukai dan apa yang kami cari, layanan akan secara otomatis memberikan notifikasi otomatis.
Apa yang harus dilakukan? Sebelum masuk ke pertanyaan, terlebih dahulu harus ditanyakan, “Apa yang selama ini kita terima dari internet dan sejumlah saluran komunikasi lainnya?”
Apakah kemudian penggunaan kita telah menyebabkan perkembangan kecerdasan dan keterampilan , atau tidak ada perubahan? Jika jawabannya ya, maka sebenarnya kita sedang melakukan pertukaran yang sepadan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, jika tidak, kita hanyalah salah satu dari orang-orang yang kalah dengan teknologi.

See also  Bangkit Bersama Ajax, Sebastien Haller Diincar Inter Milan

Check Also

Juventus Tertarik Perpanjang Kontrak Danilo

Juventus Tertarik Perpanjang Kontrak Danilo

Juventus terus berupaya membangun skuat yang bisa bangkit kembali di level Serie A dan Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published.